PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ICT-TPACK PADA MATERI SENAM LANTAI UNTUK SMP KELAS VIII DI SMP GIRI SURYA SURABAYA

Huda, Ilham Miftakhul (2022) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ICT-TPACK PADA MATERI SENAM LANTAI UNTUK SMP KELAS VIII DI SMP GIRI SURYA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (425kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (20kB)
[thumbnail of 3.  BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (290kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (90kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media
interaktif berbasis ICT. Media interaktif digunakan sebagai sarana
pendukung proses kegiatan belajar mengajar. Dan dirancang
dengan mengkombinasikan berbagai macam obyek multimedia
seperti teks, gambar, animasi dan tombol interaktif. Materi
pelajaran yang digunakan dalam media ini adalah teori-teori senam
lantai.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
model pengembangan media Interaktif pada materi senam lantai.
Jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan
7 tahapan yaitu : potensi dan masalah, mengumpulkan data, desain
produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi
produk. Peneliti mencoba menghasilkan produk berupa media
Interaktif Pembelajaran materi senam lantai dan menguji kelayakan
produk tersebut. Setelah dilakukan validasi media dan uji coba di
SMP Giri Surya Surabaya, maka didapat kualitas, kelayakan media
interaktif dan respon siswa. Hasil penelitian : 1) ditinjau dari segi
kualitas media mendapatkan persentase sebesar ( 88,64% ), kualitas
materi mendapat persentase sebesar ( 93,75% ), dan kualitas bahasa
mendapatkan persentase sebesar ( 93,18% ), ketiga hal tersebut
dinyatakan media sangat layak digunakan. 2) Respon Siswa setelah
menggunakan media interaktif sangat bagus terhadap media
interaktif dengan persentase 93,33% dengan kategori sangat layak. Hasil analisa yang dilakukan, maka diperoleh kesimpulan
bahwa media interaktif materi senam lantai ini sangat layak
digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses kegiatan
belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Jasmani (PenJas)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 14 Dec 2022 03:52
Last Modified: 14 Dec 2022 03:52
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2521

Actions (login required)

View Item
View Item