PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TEMA 4 SUBTEMA 3 MENYIMAK CERITA DONGENG KELAS IV SDN KEBOANANOM

MAULIDYA, GEMA SINAR (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TEMA 4 SUBTEMA 3 MENYIMAK CERITA DONGENG KELAS IV SDN KEBOANANOM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (733kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (126kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (138kB)
[thumbnail of 8. DAPUS.pdf] Text
8. DAPUS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (222kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Maulidya, Gema Sinar. 2022. Pengaruh Penggunaan Media
Video Terhadap
Hasil Belajar Peserta Didik Tema 4 Subtema 3 Menyimak
Cerita Dongeng Kelas IV Sdn Keboananom. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Pedagogi dan
Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing (1) Dra. Dian Kusmaharti, S.Si., M.Pd,
Pembimbing (2) Arif Mahya Fanny, S.H., M.Pd Dosen
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Pedagogi dan Psikologi, Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya.
Kata Kunci : Media Video, Hasil Belajar, Menyimak, Dongeng
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan
menyimak peserta didik terhadap materi pembelajaran apabila
pembelajaran hanya dengan metode ceramah. Diangkat dari
permasalahan adakah pengaruh penggunaan media video terhadap
hasil belajar peserta didik tema 4 subtema 3 menyimak cerita
dongeng kelas IV SDN Keboananom. Peneltian ini bertujuan untuk
mengetahui ada atau tidak ada pengaruh penggunaan media video
terhadap hasil belajar peserta didik tema 4 subtema 3 menyimak
cerita dongeng kelas IV SDN Keboananom.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif
dengan jenis penelitian True Experimental Desaign dengan bentuk
Posttest-Only Control Design yaitu desain yang terdapat dua
kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang
dipilih secara random. Kelompok yang diberi perlakuan disebut
kelompok eksperimen dan kelompok yang tidak diberi perlakuan
disebut kelompok kontrol. Populasi penelitian adalah semua peserta
didik kelas IV di SDN Keboananom dengan jumlah 144 peserta
didik. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah dua kelas
yang terpilih melalui teknik purposive sampling. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah tes dengan menggunakan
alat penilaian berupa lembar soal tes. Menggunakan metode analisis
statistik dengan rumusan yang digunakan adalah T-test yang sesuai dengan judul penelitian yaitu pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar peserta didik tema 4 subtema 3 menyimak cerita dongeng kelas IV SDN Keboananom. Menggunakan PosttestOnly Control Design maka uji-t digitung dengan bantuan program software SPSS versi 25. Berdasarkan hasil independent sample t-test dengan bantuan program software SPSS versi 25 dapat diketahui bahwa nilai lembar soal tes (post-test) signifikan < 0,05 yaitu 0,000, sehingga HO ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung sebesar -8478 dan diperoleh ttabel sebesar 2,006 dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung > ttabel (-8,478 > 2,006). Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar tema 4 subtema 3 menyimak cerita dongeng kelas IV SDN Keboananom.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 08 Dec 2022 08:34
Last Modified: 08 Dec 2022 08:34
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2536

Actions (login required)

View Item
View Item