Rukmana, Hardiyanti (2022) PENGARUH MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAPKETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA PEMBELAJARANBAHASA INDONESIA KELAS III DI SDN TENGGILIS MEJOYOISURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (5MB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (97kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (107kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (108kB)
Abstract
Rukmana, Hardiyanti. 2022. Pengaruh Media Gambar Berseri Terhadap KeterampilanBerbicara Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III di SDNTenggilis Mejoyo 1 Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan GuruSekolah Dasar, Fakultas Pedagogi dan Psikologi, Universitas PGRI AdibuanaSurabaya. Dosen Pembimbing (1) Danang Prastyo,S.Pd., M.Pd., (2) Susi
Hermin Rusminati, S.Pd., M.Pd., Kata Kunci : Media Gambar Berseri, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Media gambar berseri adalah suatu pembelajaran yang menuntut peserta didikuntuk aktif dalam belajar, sehingga mereka dapat memecahkan berbagai masalah praktis
dan menerapkan apa yang mereka pelajari dengan mudah karena peserta didik melihat
atau mengamati dari pengalaman mereka sendiri yang berhubungan dengan topik yangsedang dipelajari. Salah satu yang dikembangkan dikelas 3 dan cocok untuk diterapkanmedia gambar berseri terhadap keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran bahasaindonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Adakah pengaruh media gambar
berseri terhadap keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelasIII di SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya?” “Tujuannya untuk mengetahui pengaruhmedia gambar berseri terhadap keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran bahasaindonesia kelas III di SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya. yang berjumlah 22 pesertadidik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, dokumentasi
dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan hasil persentase, dan deskripsi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan penerapanmedia gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa padapembelajaran bahasa indonesia kelas III SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabayadikategorikan B “Baik” selain itu, penilaian hasil belajar peserta didik ranah pengetahuan(kognitif) memperoleh persentase 83,9% yang dikategorikan SB “Sangat Baik”
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 08 Dec 2022 08:29 |
Last Modified: | 08 Dec 2022 08:29 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2546 |