Maghfira, Azza (2019) PENGEMBANGAN KARAKTER PEDULI SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN DI SDN KEBONDALEM MOJOSARI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (613kB)
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (159kB)
BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (169kB)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Azza Maghfira, 2019. “Pengembangan Karakter Peduli Sosial
Melalui Pembelajaran Di SDN Kebondalem Mojosari”.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Adibuana Surabaya. Pembimbing (1) Apri Irianto, S.H.,
M.Pd Pembimbing (2) Via Yustitia S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Karakter Peduli Sosial.
Pembelajaran di kurikulum 2013 menitikberatkan pada
penguatan pendidikan karakter di setiap materinya. Namun yang
terjadi masih banyak kasus penyimpangan moral dan karakter. Dapat
dilihat dari beberapa kasus yang ada pada siswa sekolah dasar, setiap
perbedaan di dalam kelas menjadi bumerang atau permasalahan yang
sering terjadi. Rasa peduli antar sesama terkikis, selalu menganggap
dirinya unggul sehingga tidak mau berbagi dengan teman, saling
mengejek dan bahkan menjatuhkan. Tujuan penelitian ini untuk
mendeskripsikan pengembangan karakter peduli sosial melalui
pembelajaran pada peserta didik di SDN Kebondalem Mojosari.
Sumber data yang digunakan adalah kepala sekolah, guru dan siswa
kelas 4.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan penelitian
kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan
kesimpulan. Dan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDN Kebondalem Mojosari
menerapkan 5 karakter yakni religius, mandiri, kreatif, integritas, dan
gotong royong. Karakter peduli sosial dilakukan dengan pembuatan
skenario berkonsep mikir. Yakni mengalami, interaksi, komunikasi,
inovasi dan refleksi. Karakter peduli sosial di integrasikan pada
pembelajaran melalui konsep mikir. Adanya buku pelanggaran yang
telah disepakati antara wali murid, guru dan siswa. Metode tutor
sebaya di kelas 4 yang bertujuan untuk membantu teman yang tidak
faham materi pelajaran. Simpulan dan saran diberikan agar penelitian
ini dapat bermanfaat bagi pembaca, khususnya bagi pendidik yang
ingin mengembangkan karakter peduli sosial melalui pembelajaran
di sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 09 Dec 2022 08:30 |
Last Modified: | 09 Dec 2022 08:30 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2569 |