PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH BERBASIS CERITA ANAK TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEMA 3 SUB TEMA 1 PB 1 PESERTA DIDIK KELAS IV SDN SEDATI GEDE II SIDOARJO

Anggraini, Zenita Octavia (2019) PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH BERBASIS CERITA ANAK TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEMA 3 SUB TEMA 1 PB 1 PESERTA DIDIK KELAS IV SDN SEDATI GEDE II SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN  DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (865kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (308kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (269kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (312kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Anggraini, Zenita Octavia 2019. “Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah
Berbasis Cerita Anak Terhadap Keterampilan Membaca
Pemahaman Tema 3 Sub Tema 1 PB 1 Peserta Didik kelas IV SDN
Sedati Gede II Sidoarjo”. Skripsi. Program studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing(1) Dra. Sri Mulyaningsih, M.S, (2) Dr. Rarasaning
Satianingsih, S.E., M.Pd.
Kata Kunci : Gerakan Literasi Sekolah, Cerita Anak, Keterampilan
Membaca Pemahaman.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan membaca peserta
didik. Pendidikan berperan penting dalam mempersiapkan sumber daya
manusia yang berkualiatas. Keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar
banyak ditentukan dari kemampuannya dalam membaca, namun cenderung
peserta didik hanya sekadar membaca tanpa memahami isi bacaan. Untuk
mengatasi permasalahan tersebut, maka peneliti melakukan penelitian
gerakan literasi sekolah berbasis cerita anak terhadap keterampilan
membaca. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan
membaca pemahaman melalui gerakan literasi sekolah berbasis cerita anak.
Selain meningkatkan keterampilan membaca pemahaman, adanya gerakan
literasi sekolah diharapkan dapat membiasakan dan menumbuhkan minat
anak dalam membaca serta memahami isi bacaan.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan
desain Pre-experimental design. Dalam penelitian ini untuk
mendeskripsikan aktivitas pendidik dan aktivitas peserta didik dengan
menggunakan observasi, untuk menjelaskan keterampilan membaca
pemahaman peserta didik dilakukan tes berupa pretest dan posttest. Dengan
populasi seluruh peserta didik kelas IV C berjumlah 31 yang diambil secara
Sampling Purposive.
Hasil penelitian pada aktivitas pendidik dan peserta didik
dikategorikan baik. Pendidik dan peserta didik telah melaksanakan kegiatan
pembelajaran dengan gerakan literasi sekolah berbasis cerita anak terhadap
keterampilan membaca pemahaman. Hasil pretest rata-rata nilai yang
diperoleh peserta didik rendah belum mencapai nilai yang memuaskan,
setelah diberikan treatment diperoleh rata-rata nilai posttest tinggi mencapai
nilai yang memuaskan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian
ada pengaruh gerakan literasi sekolah berbasis cerita anak terhadap
keterampilan membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 09 Dec 2022 07:03
Last Modified: 09 Dec 2022 07:03
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2579

Actions (login required)

View Item
View Item