PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTU MEDIA FLIPCHART TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS PADA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN KELAS III SD HANG TUAH 10 JUANDA

Wardhani, Rizky Kusuma (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTU MEDIA FLIPCHART TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS PADA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN KELAS III SD HANG TUAH 10 JUANDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (573kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (15kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (107kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (4MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Wardhani, Rizky Kusuma. 2019. Pengaruh Pembelajaran Model
Kontekstual Berbantu Media Flipchart Terhadap Kemampuan
Menganalisis Pada Materi Hak Dan Kewajiban Kelas III SD Hang
Tuah 10 Juanda. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Adi Buana Surabaya. Pembimbing(1) Dra. Sri Mulyaningsih, M.S,
(2) Dr. Rarasaning Satianingsih, SE. M.Pd
Kata Kunci : model kontekstual, media Flipchart, kemampuan
menganalisis.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan model
konstektual berbantu media Flipchart pada materi hak dan kewajiban
Kelas III SD Hang Tuah 10 Juanda dan untuk menyatakan ada atau
tidaknya pengaruh model konstektual berbantu media Flipchart terhadap
kemampuan menganalisis pada materi hak dan kewajiban kelas III SD
Hang Tuah 10 Juanda.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif.
Dengan rancangan penelitian Quasi Eksperimental Design dalam bentuk
Nonequivalent Control Group Design. Dalam rancangan desain peneliti
ini, peneliti menggunakan Posttest-Only Control Group Design. Sampel
penelitian peserta didik kelas III-A dan kelas III-B yang berjumlah kelas
eksperimen 22 siswa dan kelas kontrol 22 siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan
presentase dan uji-t.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu penerapan model kontekstual
berbantu media Flipchart terhadap kemampuan menganalisis pada materi
hak dan kewajiban kelas III SD Hang Tuah 10 Juanda berlangsung dengan
sangat baik dan terdapat pengaruh signifikan model konstektual berbantu
media Flipchart terhadap kemampuan menganalisis pada materi hak dan
kewajiban kelas III SD Hang Tuah 10 Juanda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 09 Dec 2022 08:27
Last Modified: 09 Dec 2022 08:27
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2592

Actions (login required)

View Item
View Item