Zuhro, Diah Ayu Samaniyatus (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS IV SDN SEDATI GEDE II SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Download (733kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (149kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (377kB)
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (5MB)
Abstract
Zuhro, Diah Ayu Samaniyatus. 2019. Keefektifan Model Problem
Based Learning dalam Kemampuan Berpikir Kritis pada
Siswa Kelas IV SDN Sedati Gede II Sidoarjo. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya. Pembimbing: Drs. H. Achmad Fanani,
S.T., M.Pd. dan Drs. Triman Juniarso, M.Pd.
Kata Kunci: keefektifan, model problem based learning, kemampuan
berpikir kritis.
Keefektifan pembelajaran merupakan ketercapaian suatu
tujuan yang ditentukan. Problem Based Learning adalah model
pembelajaran yang menyajikan suatu masalah yang berkaitan dengan
kehidupan nyata siswa dan bertujuan untuk melatih keterampilan
siswa dalam berpikir kritis dan memecahkan masalah. Kemampuan
berpikir kritis merupakan suatu kemampuan berpikir tingkat tinggi
untuk menganalisis suatu permasalahan dalam menghadapi suatu
tantangan kehidupan sehari-hari.
Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan
model problem based learning pada aktivitas siswa dan juga untuk
mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dalam penerapan model
problem based learning . Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi.
Adapun teknik analisis data yang digunakan yakni analisis data
observasi dan analisis data tes.
Dari hasil yang diperoleh bahwa aktivitas siswa mendapat
kategori sangat efektif dengan prosentase 96% dan pada ketuntasan
hasil belajar juga mendapatkan kategori sangat baik dengan
prosentase sebesar 91%. Simpulan dan saran diberikan agar
penelitian ini dapat bermanfaat bagi pembaca, khususnya bagi calon
guru maupun guru untuk bisa menginovasi mode pembelajaran agar
pembelajaran yang dilaksanakan lebih bermakna.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 09 Dec 2022 07:29 |
Last Modified: | 09 Dec 2022 07:29 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2599 |