PENGARUH MEDIA “POHON SARI KATA” TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN PADA KELAS IV SDN BELAHANTENGAH MOJOSARI

Widiawati, Lina (2019) PENGARUH MEDIA “POHON SARI KATA” TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN PADA KELAS IV SDN BELAHANTENGAH MOJOSARI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (744kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (375kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (126kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (6MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Widiawati, Lina. 2019. Pengaruh Media “Pohon Sari Kata”
terhadap Kemampuan Memahami Bacaan pada Kelas IV SDN Belahantengah Mojosari. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing : (1) Drs Achmad Fanani, S.T.,M.Pd, (2) Drs Triman Juniarso, M.Pd.
Kata Kunci : Media “Pohon Sari Kata”, Memahami Bacaan
Membaca tidak seolah menyuarakan bunyi namun
memahami apa yang telah dibacanya. Kesulitan dalam memahami
bacaan merupakan masalah yang serius. Karena membaca
merupakan kemampuan yang utama bagi peserta didik dalam belajar. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang memuat informasi dan pengetahuan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memahami bacaan peserta didik. Media yang digunakan dalam penelitian ini yaitu media “Pohon Sari Kata”.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh media “Pohon Sari Kata” terhadap kemampuan memahami bacaan pada kelas IV SDN Belahantengah Mojosari.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan
penelitian Quasi Experimental Design – One Shot Case Study.
Sampel dari penelitian ini yaitu kelas IV yang berjumah 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh
media “Pohon Sari Kata” terhadap kemampuan memahami bacaan
pada kelas IV SDN Belahantengah Mojosari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 09 Dec 2022 07:43
Last Modified: 15 Dec 2022 04:10
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2603

Actions (login required)

View Item
View Item