Maulidah, Inung (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PENGUATAN KARAKTER MANDIRI KELAS V TEMA 4 SDN BELAHANTENGAH MOJOSARIMOJOKERTO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (641kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (12kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (216kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (102kB)
Abstract
Maulidah, Inung. 2019. Pengaruh Model Problem Based
Learning Berbantuan Metode Numbered Heads
Together (NHT) Terhadap Penguatan Karakter
Mandiri Kelas V Tema 4 SDN Belahantengah
Mojosari. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya. Pembimbing (1) Drs. H. Atnuri, S.H.,
M.Pd, (2) Dra. Dian Kusmaharti, S.Si., M.Pd.
Kata kunci: Metode Numbered Heads Together (NHT),
Penguatan Karakter Mandiri, Model Problem Based Learning.
Penelitian ini didasarkan kenyataan di lapangan dimana
pendidik serta peserta didik masih belum memaksimalkan
karakter mandiri yang sudah ada dalam dirinya. Dengan
menggunakan model pembelajaran yang tepat yaitu model
pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Metode
Numbered Heads Together (NHT) untuk mempermudah
pendidik menguatkan karakter mandiri yang sudah ada pada
masing-masing peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui penerapan dan pengaruh dalam menggunakan
model Problem Based Learning Berbantuan Metode Numbered
Heads Together (NHT) terhadap penguatan karakter mandiri
peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan rancangan penelitian Pre Eksperimental Desain dengan bentuk One Group Pretest Posttest. Sampel penelitian peserta didik kelas V yang berjumlah 32 siswa, menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data menggunakan persentase dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning Berbantuan Metode Numbered Heads Together (NHT) pada aktivitas pendidik dan peserta didik sangat baik serta terdapat pengaruh model Problem Based Learning Berbantuan Metode Numbered Heads Together (NHT) terhadap penguatan karakter mandiri peserta didik kelas V pada tema 4 SDN Belahantengah Mojosari.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 09 Dec 2022 06:51 |
Last Modified: | 09 Dec 2022 06:51 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2604 |