PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA TEMA 4 SUB TEMA 2 PEMBELAJARAN 3 SISWA KELAS IV SDN GAYUNGAN II SURABAYA

RAHMAWATI, ADINDA DYLDA (2019) PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA TEMA 4 SUB TEMA 2 PEMBELAJARAN 3 SISWA KELAS IV SDN GAYUNGAN II SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (592kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (151kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (113kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Rahmawati, Adinda Dylda. 2019. Pengaruh Metode Outdoor Study
Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Tema 4 Sub
Tema 2 Pembelajaran 3 Siswa Kelas IV SDN
Gayungan II Surabaya. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya. Pembimbing (1) Ida Sulistyawati,
S.H., M.Pd., (2) Apri Irianto, S.H., M.Pd.
Kata kunci: Metode Outdoor Study, Kemampuan Berbicara dalam
Kegiatan Wawancara.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa masih
banyak dijumpai siswa yang kurang menguasai kemampuan
berbicara. Pada penelitian ini menggunakan metode outdoor study
dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode
pembelajaran outdoor study terhadap keterampilan berbicara pada
siswa kelas IV di SDN Gayungan II Surabaya.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan
menggunakan desain eksperimen Quasi Experimental Design dan
rancangan penelitian yang digunakan adalah One-Group PretestPosttest Design dengan populasi seluruh siswa kelas IV SDN
Gayungan II Surabaya yang berjumlah 2 kelas. Sampel yang diambil
adalah kelas IV-B yang berjumlah 30 siswa, menggunakan Nonprobability Sampling yang termasuk dalam sampel jenuh. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tindakan.
Peneliti menganalisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikan
5% maka didapat nilai thitung>ttabel (14,67>2,04) yang berarti H0
ditolak dan H1 diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan dalam penelitian ini
menunjukkan adanya pengaruh metode outdoor study terhadap
keterampilan berbicara pada siswa kelas IV SDN Gayungan II
Surabaya tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 09 Dec 2022 07:49
Last Modified: 09 Dec 2022 07:49
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2613

Actions (login required)

View Item
View Item