PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP SIKAP GEMAR MEMBACA DAN RASA INGIN TAHU SISWA KELAS IV DI SDN MENANGGAL 601 SURABAYA

Putri, Erina Septya (2019) PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP SIKAP GEMAR MEMBACA DAN RASA INGIN TAHU SISWA KELAS IV DI SDN MENANGGAL 601 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (636kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (117kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (132kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (22kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Septya Putri, Erina. 2019. Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah
terhadap Sikap Gemar Membaca dan Rasa Ingin Tahu
Siswa Kelas IV di SDN Menanggal 601 Surabaya. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya. Pembimbing (1) Drs. H. Atnuri S.H.,
M.Pd., Pembimbing (2) Dra. Dian Kusmaharti, S.Si M.Pd.
Kata Kunci: Literasi, gemar membaca, ingin tahu.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penguatan karakter.
Upaya-upaya yang diberikan dapat dilakukan dengan memberikan
kegiatan atau pembiasaan yang menunjang terjadinya penguatan
karakter. Salah satu upaya dalam menguatkan karakter tersebut
adalah dengan Gerakan Literasi Sekolah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
“Bagaimanakah penerapan gerakan literasi sekolah terhadap sikap
gemar membaca dan rasa ingin tahu siswa kelas IV di SDN
Menanggal 601 Surabaya?” dan “Adakah pengaruh gerakan literasi
sekolah terhadap sikap gemar membaca dan rasa ingin tahu siswa
kelas IV di SDN Menanggal 601 Surabaya?”. Tujuannya adalah
untuk mengetahui penerapan kegiatan literasi serta adakah
pengaruhnya terhadap sikap gemar membaca dan rasa ingin tahu
siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif
deskriptif dengan desain quasi-experimental design. Teknik
pengumpulan data dengan angket dan wawancara. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Menanggal 601 Surabaya. Perhitungan angket menggunakan SPSS diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 yang artinya nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05. Sehingga dapat diartikan bahwa H0 ditolak yang berarti bahwa ada pengaruh Gerakan Literasi Sekolah terhadap sikap gemar membaca dan rasa ingin tahu siswa kelas IV di SDN Menanggal 601 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 13 Dec 2022 04:01
Last Modified: 13 Dec 2022 04:01
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2676

Actions (login required)

View Item
View Item