PENGARUH MEDIA BUKU GAMBAR TEMPEL TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV SDN KETABANG SURABAYA

Kumala, Damayanti Nur (2019) PENGARUH MEDIA BUKU GAMBAR TEMPEL TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV SDN KETABANG SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (27kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (27kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (30kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kumala, Damayanti Nur. 2019. Pengaruh Media Buku Gambar
Tempel Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman pada
Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SDN Ketabang
Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing
(1) Drs. Triman Juniarso, M.Pd. (2) Drs. Bahauddin
Azmy, M.Pd.
Kata Kunci: Media Buku Gambar Tempel, Keterampilan Membaca
Pemahaman
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan
bahwa keterampilan membaca pada siswa merupakan salah satu
kunci untuk meraih keberhasilan serta kemajuan belajar siswa. Dengan memiliki keterampilan membaca yang baik siswa akan bersemangat untuk membaca, karena membaca merupakan kunci utama dari keempat keterampilan yang ada. Pada penelitian ini menggunakan media buku gambar tempel untuk membatu siswa agar lebih bersemangat dalam membaca serta dapat memahami isi bacaan yang terkait dengan ide pokok serta mampu menjawab pertanyaan yang sesuai dengan isi teks bacaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media buku gambar tempel terhadap keterampilan membaca pemahaman pada pembelajaran tematik siswa kelas IV SDN Ketabang Surabaya.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah
kuantitatif dengan desain penelitian posttest-only control design. Sampel penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas IV A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 siswa dan siswa kelas IV B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen tes tulis untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan
media buku gambar tempel dapat mempengaruhi keterampilan
membaca pemahaman siswa sehingga siswa mampu memahami isi
teks bacaan dengan baik. Serta didapatkan hasil pada uji hipotesis diperoleh nilai thitung lebih besar dari dari ttabel (7,26  1,67). Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media buku gambar tempel terhadap keterampilan membaca pemahaman pada pembelajaran tematik siswa kelas IVSDN Ketabang Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 13 Dec 2022 03:11
Last Modified: 13 Dec 2022 03:11
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2683

Actions (login required)

View Item
View Item