Ismanullah, Agung (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA KETERAMPILAN MEMAHAMI BACAAN DI SDN KETABANG SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (526kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (90kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (200kB)
8. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (291kB)
Abstract
Ismanullah, Agung. 2019. Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap
Keterampilan Memahami Bacaan Di SDN Ketabang
Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing
(1) Drs. Triman Juniarso, M.Pd., (2) Drs. Bahauddin Azmy,
M.Pd.,
Kata kunci: model Pembelajaran kooperatif tipe Make A
Match, Keterampilan memahami bacaan. Aktivitas Guru dan
Siswa
Penelitian ini didasarkan kenyataan dilapangan siswa
yang menganggap bahwa keterampilan memahami bacaan
sulit diterapkan pada pembelajaran. Dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match, secara
tidak langsung siswa dituntut untuk memahami bacaan
disetiap pembalajaran. Tidak hanya melatih dan meningkatkan
keterampilan memahami bacaan tetapi juga melatih rasa
percaya diri siswa saat mengerjakan setiap soal yang diberikan
oleh guru. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui
aktivitas guru dan siswa dalam penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap
keterampilan memahami bacaan siswa kelas V tema 3
subtema 1 pembelajaran 3 SDN Ketabang Surabaya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
deskriptif. Menggunakan sampel penelitian siswa kelas V
SDN Ketabang Surabaya yang berjumlah 40. Teknik
pengumpulan data menggunakan obsevasi untuk aktivitas
guru dan siswa dan tes tulis untuk mengukur keterampilan
memahami bacaan. Teknik analisis data menggunakan
prosentase. Hasil observasi akivitas guru dan siswa
mendapatkan skor 86,11%. Sedangkan ketuntasan tes
keterampilan memahami bacaan mencapai 82,50%
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 02:57 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 02:57 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2684 |