PENGARUH KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS BERBANTU SIKAP DEMOKRASI SISWA TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SDN BELAHANTENGAH MOJOSARI

Azizah, Dewi Silfi Nur (2019) PENGARUH KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS BERBANTU SIKAP DEMOKRASI SISWA TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SDN BELAHANTENGAH MOJOSARI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (186kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (315kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Nur Azizah, Dewi Silfi. 2019. Pengaruh Keterampilan Mengelola Kelas Berbantu Sikap Demokrasi Siswa Terhadap
Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Pembelajaran
Tematik Kelas IV Di SDN Belahantengah Mojosari. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya.
Pembimbing :
(1) Drs. H. Atnuri., M.Pd
(2)Dra. Dian Kusumaharti, S.Si., M.Pd:
Kata Kunci: keterampilan, sikap, demokrasi, berfikir kritis.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebebasan berpendapat
serta kepercayaan pada siswa masih dibilang rendah, masih dijumpai adanya pengelompokan siswa berdasarkan status sosial, di dalam kegiatan diskusi masih dijumpai adanya siswa yang ingin memaksakan kehendak, serta kerjasama dalam pembelajaran yang masih kurang. Kebanyakan pada siswa Kelas IV cenderung masih takut untuk berbicara di depan kelas, kepercayaan diri masih kurang, serta takut untuk menyampaikan pendapatnya karena salah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah preeksperimental design dengan desain penelitian Pretest-Posttest
Design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan teknik sampel jenuh. Pengumpulan data pada
penelitian ini menggunakan observasi pendidik, observasi peserta
didik, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah analisis uji-t.
Kesimpulan dari penelitan ini adalah ada pengaruh
keterampilan mengelola kelas berbantu sikap demokrasi siswa
terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada materi pembelajaran
tematik Kelas IV SDN Belahantengah Mojosari Hal tersebut
dibuktikan dari analisis uji hipotesis bahwa thitung lebih besar dari ttabel.
thitung berada pada daerah penolakan H0 Sehingga dengan otomatis Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 13 Dec 2022 02:24
Last Modified: 13 Dec 2022 02:24
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2685

Actions (login required)

View Item
View Item