PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN STACKO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS 5 SDN SEDATI GEDE II SIDOARJO

TAQWA, CHOIRUZ ZADIT (2019) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN STACKO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS 5 SDN SEDATI GEDE II SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1.3. COVER DALAM - DAFTAR ISI.pdf] Text
1.3. COVER DALAM - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (586kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (92kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (107kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (160kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Choiruz Zadit Taqwa, 2019. “Pengaruh Media Pembelajaran Stacko
Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Muatan
Pelajaran Matematika Pada Kelas 5 Sdn Sedati Gede II
Sidoarjo”. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Adibuana Surabaya. Pembimbing (1) Drs. Triman Juniarso,
M.Pd Pembimbing (2) Drs. Bahauddin Azmy, M.Pd.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Stacko, Kemampuan Berpikir
Kritis.
Stacko adalah salah satu game manaruh balok menjadi
menara dimana stacko ini perpaduan dari game play uno dan jenga.
Game ini bertujuan untuk mengatur strategi dan taktik untuk
membuat menara tanpa menjatuhkan salah satu balok yang ada.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu, adakah Adakah
Pengaruh Media Pembelajaran STACKO Terhadap Kemampuan
Berpikir Kritis Siswa Pada Muatan Pelajaran Matematika Pada Kelas
5 SDN Sedati Gede II Sidoarjo. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui Adakah Pengaruh Media Pembelajaran STACKO
Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Muatan Pelajaran
Matematika Pada Kelas 5 SDN Sedati Gede II Sidoarjo. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Adapun
teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas
dan uji-t.
Hasil penelitian yang ditemukan setelah dilakukan uji
hipotesis oleh peneliti, didapat data bahwa nilai thitung = 6,64 dan
diperoleh nilai ttabel = 1,66. Jadi, thitung > ttabel (6,64 > 1,66) maka H0
ditolak artinya ada pengaruh media pembelajaran stacko terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa muatan pelajaran matematika pada
kelas 5 SDN Sedati Gede II Sidoarjo. Simpulan dan saran diberikan
agar penelitian ini dapat bermanfaat bagi pembaca, khususnya bagi
pendidik yang ingin menggunakan media pembelajaran Stacko dalam
proses pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 13 Dec 2022 04:44
Last Modified: 13 Dec 2022 04:44
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2688

Actions (login required)

View Item
View Item