Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 Kelas IV SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya

WICAKSONO, AHMAD FITROH (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 Kelas IV SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (236kB)
[thumbnail of 3. Bab 1.pdf] Text
3. Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (292kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (4MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Wicaksono, Fitroh Ahmad. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 Kelas IV SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya”. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adibuana Surabaya.
Pembimbing (1) Ida Sulistyawati, SH, M.Pd Pembimbing (2) Apri Irianto, S.H., M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Think Talk Write (TTW), Kemampuan Berpikir Kritis.
Kemampuan berpikir kritis siswa perlu dikembangkan dan dilatih sejak dini khususnya
pada jenjang sekolah dasar. Berpikir kritis adalah sebuah pola pikir yang berfokus untuk
menganalisis atau mengevaluasi informasi yang di peroleh, sehingga dapat membuat
pertimbangan untuk mencari pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan yang
terbaik.kemampuan berpikir kritis dapat meningkatkan keaktifan siswa pada proses pembelajaran
khususnya pada pembelajaran tematik terpadu. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis
siswa pendidik perlu menerapkan model pembelajaran yang tepat.Think Talk Write (TTW) adalah
Model pembelajaran yang dimulai dari proses Think (Berfikir), Talk (Berbicara/Berdiskusi) dan
Write (Menulis) yang diharapkan dapat membuat siswa memiliki kemampuan berpikir kritis karena
siswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, Adakah Pengaruh Model pembelajaran Tipe
Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Tema 4 Subtema 1
Pembelajaran 1 Kelas IV SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan Posttest Only Control Design. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes. Adapun teknik analisis data menggunakan uji normalitas,
uji homogenitas dan uji-t.
Hasil penelitian yang ditemukan setelah dilakukan uji hipotesis oleh peneliti Menentukan
dan (pada taraf signifikansi 5%). dan hasilnya sebesar 2,65, sedangkan

sebesar 2,00. Maka ditolak yang artinya ada pengaruh model pembelajaran Tipe Think
Talk Write terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1
Kelas IV SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya. Simpulan dan saran diberikan agar penelitian ini
bermanfaat bagi pembaca, khususnya bagi pendidik dan peneliti lain yang ingin menggunakan
model pembelajaran Tipe Think Talk Write (TTW) dalam proses pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 13 Dec 2022 04:59
Last Modified: 20 Dec 2022 06:39
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2691

Actions (login required)

View Item
View Item