Sesanti, Dita Kristian (2019) KEEFEKTIIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SDN KETABANG SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. Halaman Sampul Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (692kB)
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (146kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (475kB)
8. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (154kB)
Abstract
Kristian, Dita. 2019. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe NHT Dalam Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas
V SDN Ketabang Surabaya. Program Studi Pendidik Guru
Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Drs.
Achmad Fanani., S.T. M.Pd, Drs. Triman Juniarso., M.Pd
Kata Kunci : Model Pembelajaran NHT, Keterampilan Berpikir Kritis
Belajar dengan model konvensional dan metode ceramah
cenderung membuat siswa pasif. Tidak ada kegiatan yang mereka
lakukan untuk mendapatkan informasi. Hal ini membuat siswa tidak
memiliki pemikiran keterampilan berpikir kritis. Berdasarkan latar
belakang ini, penelitian ini menguji menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe NHT. Kesiapan siswa dalam
memberikan hasil dalam diskusi kelompok akan menunjukkan siswa
belajar dalam kelompok tetapi masih memiliki beban melakukan
pembelajaran individu. Ini akan memunculkan keterampilan berpikir
kritis pada setiap individu. Masalah utama dari penelitian ini adalah
"bagaimana efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe NHT
dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas lima
di Sekolah Dasar Ketabang Surabaya?"
Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Ketabang Surabaya tahun akademik 2018/2019. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas V B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas pendidik dan aktivitas siswa yang menggunakan model NHT masingmasing memiliki persentase 92% dan 88%, sedangkan untuk ketuntasan belajar siswa yang menggunakan model NHT dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dikategorikan tuntas dengan masing-masing indikator keterampilan berpikir kritis memiliki persentase rata-rata 83,02%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 06:08 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 06:08 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2694 |