Ardiyanti, Ersa Dwi (2019) PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI SISWA KELAS V SDN TENGGILIS MEJOYO I SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (507kB)
ERSA ASBTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (180kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (311kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (306kB)
Abstract
Ardiyanti, Ersa Dwi. 2019. Pendidikan Karakter Dalam
Menumbuhkan Sikap Toleransi Siswa Kelas V SDN
Tenggilis Mejoyo I Surabaya. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing: (I) Dra. Dian Kusmaharti, S.Si., M.Pd. dan (II)
Danang Prastyo, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: karakter, pendidikan karakter, toleransi.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang
pendidikan karakter dalam menumbuhkan sikap toleransi siswa kelas
V SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya. Desain penelitian
menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber datanya yaitu
kepala sekolah, guru, lima siswa kelas V, orang tua siswa, dan
stakeholder dari Dinas Perpustakaan kota Surabaya untuk
mendapatkan data tentang pendidikan karakter dalam menumbuhkan
sikap toleransi siswa kelas V. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara semiterstruktur dan dokumentasi, dengan
analisis data menggunakan model Miles & Huberman yang meliputi
reduksi data, penyajian data, dan pengambilan
kesimpulan/vervication. Untuk menguji keabsahan data digunakan
uji kredibilitas dengan triangulasi sumber. Penelitian ini hanya
terbatas pada siswa kelas V pada tahun ajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter untuk menumbuhkan sikap toleransi siswa V dalam menumbuhkan sikap toleransi adalah melalui pengintegrasian dalam materi pelajaran, kebijakan sekolah, kegiatan rutin, kegiatan spontan, dan kerjasama dengan orang tua. Kendala-kendala yang di alami oleh guru berupa kesulitan dalam menumbuhkan sikap toleransi pada siswa yang nakal. Hal ini dikarenakan siswa-siswa tersebut sulit untuk diberi tahu atau sulit untuk dinasehati.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 06:52 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 06:52 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2699 |