Ridhani, Nur Ika Aprilia (2019) PENGARUH MEDIA RODA PINTAR PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GAYUNGAN 2 SURABAYA TAHUN AJARAN 2018-2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. Cover dan Kata Pengantar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (767kB)
ABSTRAK NUR IKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (183kB)
2. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (273kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (369kB)
Abstract
Ridhani, Nur Ika Aprilia. 2019. Pengaruh Media Roda Pintar Puzzle Terhadap Hasil Belajar
Matematika p Siswa Kelas IV SDN Gayungan 2 Surabaya Tahun Ajaran 2018-2019. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Drs.
Bahauddin Azmy, M. Pd, (2) Drs. H. Atnuri, S.H., M.Pd.
Kata Kunci: Media roda pintar puzzle, Hasil belajar matematika.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan dilapangan bahwa dalam pelaksanaan
pengajaran matematika materi gabungan bangun datar khususnya disekolah dasar masih terdapat
kesulitan dalam penyampaian materi, mengingat hal tersebut seorang guru dituntut untuk
memahami, memilih, dan mengembangkan suatu media pembelajaran agar tujuan pembelajaran
dapat tercapai. Media roda pintar puzzle merupakan media yang efektif dan efisien karena dapat
membantu pemahaman konsep gabungan bangun datar.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam
penggunaan media Roda Pintar Puzzle pada pembelajaran matematika dan pengaruh penggunaan
media roda pintar puzzle terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN Gayungan 2
Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Quasi
Eksperimental Design-Posttest Only Control Design. Sampel penelitian yaitu siswa kelas IV SDN
Gayungan 2 Surabaya yang berjumlah 60, menggunakan Simple Random Sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan
persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam penggunaan media roda pintar
puzzle menunjukkan persentase 88% yaitu sangat baik dan terdapat pengaruh penggunaan media
roda pintar puzzle terhadap hasil belajar muatan pembelajaran matematika pada siswa kelas IV SDN
Gayungan 2 Surabaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 06:20 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 06:20 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2706 |