Aprilia, Makrufa (2019) PENGARUH MEDIA BALOK ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG 10-20 PADA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK DIPONEGORO SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2018-2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (703kB)
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (109kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (191kB)
8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Makrufa Aprilia. 2019. Pengaruh Media Balok Angka Terhadap
Kemampuan Berhitung 10-20 Pada Anak Kelompok B Di Taman KanakKanak Diponegoro Surabaya Tahun Pelajar 2018/2019. Skripsi,
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing: I Aisyah, S.Psi., M.Pd. Pembimbing: II Isabella Hasiana,
S.Psi., M.Psi.
Kata Kunci: Kemampuan Berhitung, Media Balok Angka, Anak TK
Penelitian ini dilatar belakangi perkembangan kemampuan
berhitung 10-20 anak yang masih kurang karena pendidik hanya
memberikan pembelajaran yang konvensional yaitu dengan menghitung
abstrak tanpa benda nyata sehingga anak mengalami kesulitan, anak kurang
semangat, merasa bosan.
Rumusan masalah penelitian ini menunjukan apakah ada pengaruh
media balok angka terhadap kemampuan berhitung pada anak kelompok B
di Taman Kanak-Kanak Diponegor Surabaya. Tujuan penelitian ini
menunjukan untuk mengetahui pengaru media balok angka terhadap
kemampuan berhitung pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak
Diponegoro Surabaya.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuanitatif, dengan jenis onegroup pretest-posttest desgin. Teknik pengumpulan data menggunakan tes,
observasi dan dokumentasi. Instrument yang digunakan berupa lembar
observasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t dengan
indikator keberhasilan yang diukur berdasarkan adanya perubahan skor
hasil pretest-posttest. Berdasarkan analisa data diperoleh nilai t hitung =
18,94 lebih besar dari pada nilai t tabel = 2,292 dengan taraf signifikansi
5% maka dapat dilakukan hipotesis kerja diterima.
Hasil ini menunjukan bahwa perkembangan berhitung 10-20 anak
sudah menggunakan media balok angka lebih baik dari pada sebelum
menggunakan media balok angka. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan
media balok angka ada pengaruh terhadap kemampuan berhitung 10-20
anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Diponegoro Surabaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 16 Dec 2022 08:44 |
Last Modified: | 16 Dec 2022 08:44 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2893 |