Kiftiyah, Lailatul (2019) Analisis Tingkat Pelayanan Dan Kenyamanan Jalur Pedestrian Di Jalan Gajah Mada Diponegoro Dan Pahlawan Berdasarkan Persepsi Pengguna. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (2MB)
Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (112kB)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (786kB)
Daftar Pustaka & Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Jalan Gajah Mada, Diponegoro dan Pahlawan merupakan kawasan yang memiliki tingkat keramaian yang tinggi karena adanya pusat kegiatan perdagangan, jasa dan perkantoran di Sidoarjo. Permasalah yang terjadi di jalan tersebut adalah banyaknya parkir liar dan rusaknya jalur pedestrian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi fisik jalur pedestrian, mengetahui tingkat pelayanan serta tingkat kenyamanan berdasarkan persepsi pengguna. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan teknik analisis LOS (Level Of Service) dan AHP (Analysis Hierarcy Process). Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara survey lapangan, sebar kuisioner dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini ialah kondisi fisik jalur pedestrian di Jalan Gajah Mada, Diponegoro dan Pahlawan telah sesuai dengan pedoman. Jika ditinjau dari tingkat pelayanan Jalan Gajah Mada tergolong tingkat B, sedangkan Jalan Diponegoro dan Pahlawan tergolong tingkat pelayanan A. Para pengguna merasa aman dan nyaman saat berjalan di jalur pedestrian Jalan Gajah Mada, Diponegoro dan Pahlawan. Arahan pengembangan untuk jalur pedestrian berdasarkan hasil AHP yaitu alternatif 1 (satu) relokasi area parkir agar tidak menggunakan jalur pedestrian 40,8%, alternatif 2 (dua) Perbaikan kondisi fisik jalur pedestrian 42% dan alternatif 3 (tiga) Peningkatan keterseediaan elemen pendukung jalur pedestrian 17,2%.
Kata Kunci: Kenyamanan, Kondisi fisik jalur pedestrian, Tingkat pelayanan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) |
Depositing User: | Endah Yuni PERPUS |
Date Deposited: | 19 Dec 2022 08:07 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 05:16 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2923 |