Soleha, Aghnia Jamilatus (2019) Penerapan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Di SDN Ngagel Rejo I Surabaya. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (305kB)
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (81kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (293kB)
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN (wecompress.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Latar belakang dilakukan penelitian ini adalah minimnya minat baca masyarakat Indonesia sangat rendah jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya. Hal ini dikarenakan kurangnya pembiasaan membaca sejak dini, kurang menariknya bahan bacaan yang ada di masyarakat, kurang tertariknya akan pengetahuan baru, bahkan pemanfaatan waktu luang yang jauh dari kata membaca missal digunakan untuk bermain gadget, menonton tv, berbelanja, bermain, maupun hiburan-hiburan lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media pop up book untuk meningkatkan minat baca siswa di SDN Ngagel Rejo I Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi yang diambil adalah siswa SDN Ngagel Rejo I Surbaya. Sampel yang diambil adalah tiga puluh siswa kelas V SDN Ngagel Rejo I. Teknik pengumpulan data menggunakana triangulasi meliputi angket, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan disini adalah rata-rata dan frekuensi yang digunakan untuk membantu mengolah data hasil angket dan observasi. Hasil penelitian yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu penerapan media Pop Up Book dapat meningkatkan minat baca pada siswa, hal ini terlihat dari hasil yang diperoleh dari rekapitulasi buku yang dibaca anak perhari menunjukkan adanya jumlah buku yang dibaca oleh siswa yang menggunakan media pop up book dengan jumlah rata-rata bacaan sebanyak dua buku per hari, sedangkan pada siswa yang tidak menggunakan media pop up book hanya rata-rata 6 satu buku perhari. Jika dilihat pada angket yang dihasilkan, menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan media pop up book memiliki minat baca baik, sedangkan yang tidak memiliki minat baca yang cukup. Namun baik disini tidak berarti memiliki nilai yang tinggi karena rata-rata angket hanya berkisar diangka enam puluh. Jika dilihat dari hasil observasi yang telah dilakukan, disini terlihat bahwa adanya perbedaan rata-rata nilai antara siswa yang menggunakan media pop up book mendapatkan minat baca baik sedangkan yang tidak mendapatkan kategori minat baca cukup.
Kata Kunci: Media Pop Up Book, minat baca.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Endah Yuni PERPUS |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 08:30 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 08:30 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2949 |