Pengaruh Media Pembelajaran Flashcard Terhadap Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas V SDN Gayungan 2 Surabaya

Wulandari, Sandra (2019) Pengaruh Media Pembelajaran Flashcard Terhadap Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas V SDN Gayungan 2 Surabaya. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (598kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (161kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (236kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kurangnya keterampilan menulis pantun menjadi sebuah permasalahan, sehingga butuh media pembelajaran agar pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi pantun lebih baik. Salah satu inovasi yang bisa diberikan adalah dengan penggunaan media pembelajaran flashcard. Karena media pembelajaran flashcard mampu meningkatkan keterampilan menulis pantun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “adakah pengaruh media pembelajaran flashcard terhadap keterampilan menulis pantun siswa kelas V SDN Gayungan 2 Surabaya?”. Adapun tujuan penelitian ini untuk melihat ada pengaruh media pembelajaran flashcard terhadap keterampilan menulis pantun siswa kelas V SDN Gayungan 2 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental design. Populasi adalah seluruh siswa kelas V SDN Gayungan 2 Suarabaya. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas V-A dan V-B. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes. Teknik analisis data adalah menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji T berbantuan SPSS versi 16.0. Berdasarkan hasil pehitungan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS versi 16.0 diperoleh nilai Sig. 0,000 < α (0,05). Nilai tersebut menandakan Ha diterima, yakni terdapat pengaruh pada penerapan media pembelajaran flashcard terhadap keterampilan menulis pantun siswa kelas V SDN Gayungan 2 Surabaya.
Kata Kunci: flashcard, keterampilan menulis, pantun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > NE Print media
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 20 Dec 2022 08:37
Last Modified: 20 Dec 2022 08:37
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2950

Actions (login required)

View Item
View Item