Evaluasi Penerapan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani Di Smpn 2 Sukodono

Ramadhan, Hattari (2021) Evaluasi Penerapan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani Di Smpn 2 Sukodono. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (526kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (147kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (270kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh evaluasi penerapan
pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Evaluasi ini
dilakukan agar guru mengetahui sejauh mana siswa dapat memahami
materi yang disampaikan. Selain itu, dengan adanya evaluasi
bertujuan agar guru, siswa, orangtua/ wali siswa, serta lembaga
mengetahui hasil yang diperoleh dari pembelajaran. Oleh karena itu,
evaluasi sangatlah penting dalam proses belajar mengajar. Penelitian
ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Selanjutnya, data
diperoleh dari rekaman suara saat interview dengan 3 guru pendidikan
jasmani di SMPN 2 Sukodono. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah interview dengan guru, observasi kegiatan
pembelajaran secara daring dan dokumentasi saat penerapan
pembelajaran daring. Selain itu, pada penelitian ini menggunakan data
analisis deskriptif yang menggunakan data reduction, data display
dan conclusion. Berdasarkan hasil interview, observasi dan
dokumentasi yang sudah dilakukan menunjukan hasil bahwa pada
evaluasi input menunjukan hasil media pembelajaran di SMPN 2
Sukodono belum maksimal dikarenakan keterbatasan jaringan dan
perangkat yang dimiliki oleh siswa dan penggunaan media
pembelajaran online belum maksimal. Selanjutnya pada evaluasi
output didapatkan hasil bahwa interaksi antara siswa dan guru sedikit
mengalami kendala dikarenakan kurangnya minat siswa dalam
mengikuti pembelajaran penjas secara daring. Pada evaluasi proses
menunjukan bahwa proses pembelajaran dapat dilakukan dengan baik
dilihat dari kegiatan selama proses pembelajaran. Dalam evaluasi ini,
terdapat beberapa kendala saat melakukan pembelajaran jasmani
secara daring. Akan tetapi, berdasarkan observasi yang sudah
dilakukan dapat dilihat bahwa guru dan siswa sudah berusaha
untuk tetap melakukan pembelajaran pendidikan jasmani
secara daring. Hal ini membuktikan meskipun terdapat kendala
dalam proses pembelajaran guru dan siswa masih dapat
melakukan pembelajaran penjas dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Jasmani (PenJas)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 10 Aug 2022 06:36
Last Modified: 29 Nov 2022 03:44
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/305

Actions (login required)

View Item
View Item