Analisis Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Selama Pandemi Covid-19 Di Madrasah Tsanawiyah Mambaul Ulum Jombang

Setiawan, Rizky Hidayat (2021) Analisis Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Selama Pandemi Covid-19 Di Madrasah Tsanawiyah Mambaul Ulum Jombang. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (425kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (121kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (280kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka.pdf] Text
8. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (902kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Faktor internal, Faktor eksternal, Pembelajaran jarak
jauh, Hasil Belajar Pendidikan Jasmani
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor – faktor
yang mempengaruhi hasil belajar pendidikan jasmani di Madrasah
Tsanawiyah Mambaul Ulum Jombang. Dalam penelitian ini ada dua
faktor yang dapat mepengaruhi hasil belajar pendidikan jasmani,
yaitu faktor yang terdapat dalam diri siswa (faktor internal), dan
faktor yang datang dari luar (faktor eksternal).
Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif deskriptif
menggunakan teknik pengumpulan data yaitu teknik dokumentasi
dan teknik angket dengan jumlah siswa 40 anak. Analisis statistik
yang digunakan adalah rumus rerata (mean).
Hasil analisis mean terdapat perbedaan antara rata rata nilai
pengetahuan dan nilai keterampilan hasil belajar siswa pada tahun
2019/2020 dan 2020/2021 yaitu untuk tahun 2019/2020 rata rata nilai
pengetahuan hasil belajar siswa adalah 83,35 (B) dan rata rata nilai
keterampilan hasil belajar siswa adalah 83,00 (B), sedangkan pada
tahun 2020/2021 rata rata nilai pengetahuan siswa adalah 73,73 (C)
dana rata rata nilai keterampilan hasil belajar siswa adalah 79,65 (C).
Sehingga dapat di simpulkan bahwa terdapat penurunan nilai
hasil belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Mambaul Ulum, yang
sebelumnya pada tahun 2019/2020 untuk nilai pengetahuan dan
keterampilan mendapat predikat (B), sedangkan pada pandemi
COVID-19 tahun 2020/2021 untuk nilai pengetahuan dan
keterampilan mendapat predikat (C), hal tersebut terjadi karena di
pengaruhi oleh faktor eksternal dari siswa tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Jasmani (PenJas)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 10 Aug 2022 08:09
Last Modified: 29 Nov 2022 02:41
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/342

Actions (login required)

View Item
View Item