PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS IV SDN DUKUH MENANGGAL 1 SURABAYA

ROSYIDAH, IMTIHANA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS IV SDN DUKUH MENANGGAL 1 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (612kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (14kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (142kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (5MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Model pembelajaran Think Talk Write, Keterampilan
Berkomunikasi
Berkomunikasi adalah suatu proses dimana seseorang
berkomunikasi menyampaikan pesan berupa ide, gagasan melalui
simbol-simbol seperti kata-kata, gambar, angka dari satu pihak
kepada pihak lain, sehingga memungkinkan terjadinya interaksi
antara satu orang dengan orang lainnyaatau keinginan untuk
berkomunikasi dengan orang lain. keterampilan berkomunikasi ini
dapat dikembangkan melalui model pembelajaran yang tepat, yakni
dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk
Write.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model
Pembelajaran Think Talk Write terhadap keterampilan berkomunikasi
peserta didik kelas IV SDN Dukuh Menanggal 1 Surabaya.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dengan
rancangan penelitian Quasi Eksperimental Desaign dengan bentuk
Posttest-Only Control Group Design. Sampelpenelitian ini yaitu
siswa kelas IV B sebanyak 39 siswa dan kelas IV A sebanyak 39
siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes keterampilan
berkomunikasi. Teknik analisis datanya menggunakan Uji-t.
Hasil penelitian yang diperoleh yakni nilai signifikansi
menunjukkan angka 0,00 atau kurang dari 0,05 nilai taraf
signifikansi yang telah ditentukan. Hal ini menunjukkan bahwa ada
pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap
Keterampilan Berkomunikasi Peserta Didik Kelas IV SDN Dukuh
Menanggal 1 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 27 Dec 2022 06:30
Last Modified: 27 Dec 2022 06:30
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3506

Actions (login required)

View Item
View Item