INDONESIN EFL TEACHER’S OF WORLD ENGLISHES

Andriati, Bekti Putri (2020) INDONESIN EFL TEACHER’S OF WORLD ENGLISHES. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Dalaman Depan.pdf] Text
1. Dalaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (880kB)
[thumbnail of 2. abstrak.pdf] Text
2. abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (348kB)
[thumbnail of 4. bab 1.pdf] Text
4. bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (208kB)
[thumbnail of 8. halaman belakang (Fix).pdf] Text
8. halaman belakang (Fix).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (715kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata kunci: World Englishes (WEs), guru EFL, perspektif guru
Tesis ini membahas perspektif guru dalam konteks EFL
menuju World Englishes (WEs). Secara lebih spesifik, penelitian ini
dilakukan karena kelangkaan pemahaman guru terhadap keberadaan
WE. Umumnya, para guru hanya tahu bahasa Inggris yang baik
adalah dari Inggris atau Amerika tanpa mempertimbangkan bahasa
Inggris lain yang ada.
Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif sebagai desain
penelitian. Masalah ini dilakukan dengan wawancara dan
mengumpulkan dokumen pribadi (artefak). Subjek penelitian adalah
empat guru bahasa Inggris yang terdiri dari dua guru wanita dan dua
guru pria yang sudah mengajar setidaknya lebih dari lima tahun di
sekolah menengah pertama. Wawancara difokuskan pada perspektif
guru terhadap WE dan dokumen-dokumen pribadi terdiri dari silabus
dan rencana pelajaran guru.
Studi saat ini menunjukkan bahwa guru tidak memiliki
pengetahuan tentang WE. Namun, meskipun mereka tidak memiliki
pengetahuan tentang WEs, mereka cenderung memiliki pandangan
yang positif terhadap WEs. Dan lagi, kebanyakan guru juga sangat
menyadari pentingnya WEs untuk di implementasikan di dalam
kelas, karena dapat memberikan pemahaman siswa tentang spektrum
luas WEs termasuk bahasa Inggris Indonesia atau bahasa Inggris
Jawa. Temuan – temuan ini mungkin berkontribusi pada studi WEs
yang tumbuh cepat, khususnya studi WEs dalam konteks EFL.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 27 Dec 2022 06:36
Last Modified: 27 Dec 2022 07:55
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3508

Actions (login required)

View Item
View Item