EFL STUDENTS READING STRATEGIES IN UNDERSTANDING PRINCESS MERIDA’S REPRESENTATION OF WOMAN IN BRAVE MOVIE

Putri, Eka Nur Setiani (2020) EFL STUDENTS READING STRATEGIES IN UNDERSTANDING PRINCESS MERIDA’S REPRESENTATION OF WOMAN IN BRAVE MOVIE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (850kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (275kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (219kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata kunci: EFL siswa, strategi membaca, representasi
wanita, film Berani
Membaca adalah salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh EFL
siswa. Para siswa EFL memiliki banyak strategi membaca yang dibuat
mereka mengerti tentang membaca sendiri. Film pemberani (2012) adalah
sebuah film animasi yang terkenal di kalangan anak-anak. Karakter utama ini
adalah Putri Merida. Film ini dipilih karena jumlahnya banyak
nilai-nilai yang dapat diambil dalam kehidupan kita. Penelitian ini difokuskan pada
representasi Putri Merida seperti yang digambarkan dalam Brave Movie
(2012) dan Strategi Membaca yang digunakan oleh EFL
siswa untuk memahami representasi wanita Putri Merida di
Film pemberani (2012)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan: (1) Putri
Representasi Merida tentang wanita dalam film Brave (2012) dan (2)
jenis strategi membaca yang digunakan oleh siswa EFL. Sang penulis
menggunakan Teori Downing dan Roush (1985). Lima tahap feminis
pengembangan identitas adalah penerimaan pasif, relevansi,
keterlekatan-emanasi, sintesis, komitmen aktif. Dan membaca
strategi yang digunakan Teori Paerson dan Gallagher (1983). Ada tiga
klasifikasi tingkatan strategi membaca : evaluatif, inferensial, dan
harfiah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan
dokumentasi dan angket sebagai teknik pengumpulan data. Data dari
penelitian ini berupa tuturan dan tindakan Putri
Merida dalam film Brave (2012) sedangkan sumber datanya dari
Brave movie (2012) dan siswa EFL SMPN 2 Sukodono di
tahun ajaran 2018-2019 sebagai subjek penelitian. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Putri Merida digambarkan sebagai putri
yang berani mendobrak tradisi. Dia berani mengubahnya
vi
masyarakat bahwa perkawinan bukanlah satu-satunya hal yang dapat mempersatukan kerajaan dan
Hal ini berkaitan dengan Downing and Roush Theory (1985) tentang feminis
identitas, dan (2) sebagian besar siswa di SMPN 2 Sukodono sebagai EFL
siswa yang 40% dipekerjakan oleh siswa menggunakan strategi membaca
di tingkat Inferensial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 28 Dec 2022 01:35
Last Modified: 28 Dec 2022 01:35
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3525

Actions (login required)

View Item
View Item