INVESTIGATING THE TASKS OF CRITICAL THINKING IN PRESCRIBED INDONESIAN SENIOR HIGH SCHOOL ENGLISH TEXTBOOK

Sari, Mira Puspita (2020) INVESTIGATING THE TASKS OF CRITICAL THINKING IN PRESCRIBED INDONESIAN SENIOR HIGH SCHOOL ENGLISH TEXTBOOK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (563kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK (2).pdf] Text
2. ABSTRAK (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (119kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (145kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: buku bahasa Inggris, taksonomi bloom, berpikir kritis
dan ketrampilan berpikir tingkat tinggi
Masalah berpikir kritis dalam ELT dan perkembangannya di
Indonesia adalah seberapa sukses buku teks yang disediakan oleh
pemerintah mengimplementasikan taksonomi Bloom dengan tingkat
Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi termasuk menganalisis,
mengevaluasi, dan menciptakan. Oleh karena itu, penelitian ini
mengajukan pertanyaan: Bagaimana keterampilan berpikir kritis;
menganalisis, mengevaluasi dan menciptakan dimasukkan ke dalam
tugas-tugas dalam buku teks Bahasa Inggris sekolah menengah atas
Indonesia yang ditentukan? Untuk mempertahankan argumentasi,
peneliti menggunakan taksonomi Bloom sebagai kerangka kerja
konseptual yang didukung oleh perspektif Nunan dan Ellis dalam
klasifikasi pemikiran kritis.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatannya
menggunakan konten analisis. Data dari penelitian ini adalah tugastugas berpikir kritis yang dikumpulkan dari buku teks Bahasa Inggris
SMA kelas 11 yang berjudul Bahasa Inggris untuk SMA / MA / SMK
/ MAK Edisi 11 edisi revisi 2017, yang ditulis dalam 178 halaman
yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di
Jakarta, pada 2017 dengan ISBN 978-602-427-108-4. Data
dikumpulkan melalui pemilihan tugas yang cermat terutama
berdasarkan perspektif Nunan dan Ellis tentang klasifikasi pemikiran
kritis yang didukung oleh taksonomi Bloom. Setelah diklasifikasikan,
tugas-tugasnya telah melalui analisis sistematis yaitu analisis konten
yang padat melibatkan interpretasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku Bahasa Inggris
SMA kelas 11 menerapkan keterampilan berpikir kritis dan
keterampilan yang diimplementasikan paling dominan yang
viii
digunakan dalam buku teks adalah keterampilan menciptakan.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa setidaknya ada tiga belas
tugas, dari sembilan belas tugas yang dianggap sebagai keterampilan
menciptakan. Selain itu, dari tiga belas tugas, ada sub-poin yang
termasuk dalam keterampilan mengevaluasi. Meskipun keterampilan
menciptakan adalah keterampilan yang paling jelas dalam setiap
tugas, ada juga keterampilan lain yang juga disajikan dengan jelas
dalam tugas, mereka menganalisis dan mengevaluasi. Ada enam tugas
milik keterampilan menganalisis dan satu tugas termasuk dalam
mengevaluasi keterampilan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
keterampilan berpikir kritis yang dimasukkan ke dalam tugas menjadi
orientasi buku ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 28 Dec 2022 06:45
Last Modified: 28 Dec 2022 06:45
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3557

Actions (login required)

View Item
View Item