CANDRA, ADI (2020) THE EFFECTIVENESS OF USING DICTOGLOSS TECHNIQUE ON STUDENTS’ GRAMMAR ACHIEVEMENT AT X GRADE SMK NEGERI 8 SURABATA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (465kB)
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
1.Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (606kB)
Abstract
Kata kunci: Efektivitas Penggunaan Dictogloss, Prestasi Tata Bahasa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan
teknik dictogloss pada prestasi tata bahasa siswa. Karena kenyataan ada
banyak siswa yang gagal menguasai tata bahasa karena mereka hampir tidak
memahami konsepnya dan terus mengingat setiap aturan dalam tata bahasa
tanpa pemahaman yang baik. Oleh karena itu, penulis memutuskan untuk
menggunakan teknik ini selama pengajaran tata bahasa.
Desain penelitian dalam penelitian ini milik "True Experimental
Design" dengan desain kelompok pre-test dan post-test. Peneliti
membutuhkan data dalam bentuk angka. Desain penelitian ini adalah desain
eksperimen sejati dengan menggunakan uji-t. Itu menggunakan dua
kelompok; kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Peneliti
menggunakan dua kelas, X APH3 dan X MM1. Mereka adalah kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen akan diberikan
perawatan tentang penggunaan teknik Dictogloss ketika belajar bahasa
Inggris secara khusus pada kelas tata bahasa. Populasi penelitian ini diambil
dari siswa kelas X SMK Negeri 8 Surabaya. 2 kelas adalah 70 siswa yang
dibagi menjadi 2 kelas. Sampel diambil dari siswa X APH3 kelas
eksperimen dan X MM1 sebagai kelas kontrol. Penulis menggunakan tes
objektif untuk teknik pengumpulan data. Tes itu sendiri terdiri dari pre-test
dan post-test. Setelah mengumpulkan data, penulis menganalisis hasil data
menggunakan rumus t-test.
Berdasarkan analisis data, hasil perhitungan t adalah 5,179 dengan df
= 68. Sementara itu, t-tabel adalah 1,994 pada standar signifikan 5% = 0,05.
Dari hasil tersebut, terlihat bahwa t-hitung lebih tinggi dari t-tabel, yaitu
5,179> 1,994. Jadi hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha)
diterima yang berarti ada efektivitas menggunakan dictogloss pada siswa
tata bahasa siswa SMK Negeri 8 Surabaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Kadek Ayu PERPUS |
Date Deposited: | 28 Dec 2022 11:15 |
Last Modified: | 28 Dec 2022 11:15 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3589 |