THE EFFECTIVENESS OF USING DRILL TECHNIQUES ON STUDENTS’ GRAMMAR ACHIEVEMENT IN EIGHT GRADE OF SMPN 2 SUKODONO IN THE 2019-2020 SCHOOL YEAR

Firdausi, Anisa Nur (2020) THE EFFECTIVENESS OF USING DRILL TECHNIQUES ON STUDENTS’ GRAMMAR ACHIEVEMENT IN EIGHT GRADE OF SMPN 2 SUKODONO IN THE 2019-2020 SCHOOL YEAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (897kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (314kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (215kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata kunci: teknik drill, kata kerja tidak beraturan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya
adalah efektifitas penggunaan Teknik Drill terhadap penguasaan siswa pada
kata kerja tak beraturan. Berdasarkan pengalaman peneliti dalam mengajar
Bahasa Inggris selama program magang, kesulitan dalam tata bahasa adalah
bahwa siswa tidak menguasai konjugasi kata kerja. Mereka masih punya
kesulitan dalam menguasai kata kerja, terutama kata kerja tidak beraturan. Pola bor
mengandung banyak modifikasi dalam instruksi; siswa disediakan
dengan berbagai jenis latihan yang dapat meningkatkan kemungkinan untuk
mengatasi kesulitan dalam mengingat kata kerja tidak beraturan.
Penelitian ini bersifat kuantitatif yang digunakan benar
desain eksperimen dengan pre-test and post-test control group design.
Sumber data adalah siswa kelas VIII SMPN 2
Sukodono. Data yang digunakan adalah skor yang mencerminkan penguasaan siswa dalam
kata kerja tidak beraturan setelah mereka diajarkan menggunakan Latihan Pengulangan
Teknik. Sampel berjumlah 72 siswa yang terbagi menjadi 2
kelompok: kontrol dan kelompok eksperimen. Data dianalisis
menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa t-hitung 6,20
lebih tinggi dari t-tabel 1,99444 dari taraf signifikansi 5% dengan
derajat kebebasan (df) 70.
Dapat disimpulkan bahwa ada efektivitas penggunaan
Teknik Drill pada penguasaan siswa pada kata kerja tidak beraturan dari nilai
SMPN 2 Sukodono tahun ajaran 2019-2020. Oleh karena itu,
peneliti berharap penelitian ini dapat bermanfaat bagi
penelitian masa depan tentang teknik atau strategi pengajaran, terutama tentang
menggunakan macam-macam Teknik Drill untuk meningkatkan keterampilan siswa
Misalnya dalam keterampilan menyimak, berbicara, membaca, atau menulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 29 Dec 2022 03:38
Last Modified: 29 Dec 2022 03:38
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3611

Actions (login required)

View Item
View Item