Lestari, Ninin Oktavia Indah (2020) THE USE OF COHESIVE MARKERS IN LOWER SECONDARY SCHOOL STUDENTS’ IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. Halaman depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (210kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (273kB)
8. Daftar pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (770kB)
Abstract
Kata kunci : Kohesif, Koheren, Deskriptif Teks.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan
tanda-tanda kohesif di siswa bahasa asing dalam menulis teks
deskripsi. Tanda-tanda kohesif merupakan komponen-komponen
yang ada dalam teks untuk memfasilitasi ide-ide komprehensif dari
teks. Tanda-tanda kohesif tersebut diperlukan untuk menghubungkan
elemen-elemen dalam teks dan untuk menyatukan teks kohesif.
Namun, itu tidak berarti bahwa tidak ada masalah penggunaan
penanda kohesif oleh siswa bahasa asing ketika mereka menulis teks
deskripsi. Untuk itu, penelitian ini berfokus pada jenis penanda
kohesif apa saja yang digunakan siswa bahasa asing dan bagaimana
mereka menggunakan penanda kohesif tersebut.
Untuk menggambarkan bagaimana siswa bahasa asing di
SMP menggunakan penanda kohesif, penelitian ini dirancang secara
deskriptif kualitatif dimana data diambil dari siswa SMP di Gresik.
Data dalam bentuk teks deskripsi yang mana siswa diminta untuk
membuat teks deskripsi dengan topik mereka sendiri. Kemudian
analisis wacana digunakan untuk menggambarkan masalah
penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tanda-tanda kohesif
digunakan oleh siswa bahasa asing seperti substitusi, referensi,
konjungsi dan leksikal kohesi. Ellipsis tidak digunakan oleh siswa
karena penggunaan elipsis merupakan penggunaan yang kompleks.
Mereka dapat menggunakan penanda kohesif dengan benar dalam
konteks sederhana, dan mereka juga menggunakan penanda kohesif
yang salah dalam menulis teks deskripsi. kesalahan menggunakan
Tanda-tanda kohesif disebabkan karena mereka mentransfer bahasa
ibu ke bahasa target di mana strukturnya adalah Indonesia tetapi
bahasa tersebut adalah bahasa Inggris. Temuan ini dapat membantu
siswa memahami kekurangan keterampilan menulis, terutama dalam
menggunakan penanda kohesif dan meningkatkan kompetensi
menulis siswa dalam bahasa Inggris.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Kadek Ayu PERPUS |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 04:08 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 04:08 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3616 |