FIRANTI, LUFFI (2019) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI RESTRUKTURING KOGNITIF DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN AKHIR SEMESTER MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TAMAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.
1. HALAMAN DEPAN .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (768kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (202kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (106kB)
8. DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Firanti, Luffi. 2019. Pengaruh Penggunaan Strategi Restrukturing
Kognitif dalam Konseling Kelompok Terhadap Kecemasan
Menghadapi Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Bahasa
Inggris Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Taman. Skripsi.
Program Studi Bimbingan dan Konseling. Universitas PGRI
Adi Buana Surabaya. Pembimbing Drs. H. Sutijono, M.M..
Kata Kunci: Restrukturing Kognitif, Konseling Kelompok,
Kecemasan Menghadapi Ujian Akhir Semester Mata
Pelajaran Bahasa Inggris.
Kecemasan menghadapi ujian akhir semester mata pelajaran
bahasa inggris yaitu keadaan emosi yang normal pada manusia yang
muncul sebuah perasaan tegang dalam menghadapi situasi kegiatan
yang dilakukan untuk mengetahui tingkat kemajuan belajar bahasa
inggris yang dilaksanakan pada akhir semester.
Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian PreEksperimental One Group Pretest-Postets Design. Populasi yang
diambil adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Taman yang berjumlah
267 siswa, dari populasi itu diambil sampel penelitian 6 orang siswa
dengan menggunakan teknik Purposive Sample, pemilih sample ini
dipilih berdasarkan pada hasil skor kecemasan menghadapi ujian akhir
semester mata pelajaran bahasa inggris siswa yang sangat tinggi
melalui pengisian skala pengukuran kecemasan menghadapi ujian
akhir semester mata pelajaran bahasa inggris.
Metode pengumpulan data menggunakan skala pengukuran yang
telah dilakukan uji validitas butir dan uji reliabilitas Alpha Cronbach.
Hasil uji validitas butir skala pengukuran kecemasan menghadapi
ujian akhir semester mata pelajaran bahasa inggris. Berdasarkan hasil
uji Wilcoxon perhitungan diperoleh Asymp. Sig = 0,028.
Perbandingan Asymp. Sig = 0,028 < 0,05 maka Hₒ ditolak dan Hₐ
diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan
Strategi Restrukturing kognitif dalam konseling kelompok untuk
menurunkan kecemasan menghadapi ujian akhir semester mata
pelajaran bahasa inggris
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HM Sociology L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) |
Depositing User: | Kadek Ayu PERPUS |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 02:50 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 01:22 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/394 |