Sabila, Salma Sal (2022) Analisis Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Soal Open – Ended. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (631kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (150kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (278kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (365kB)
9. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah adalah suatu kemampuan yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah. Kemampuan pemecahan masalah ditingkatkan agar siswa dapat meluangkan ide kreatif dalam memecahkan permasalahan. Kemampuan pemecahan masalah sangat dibutuhkan dalam pembelajaran matematika. Salah satu soal yang menuntut kemampuan pemecahan masalah dalam penyelesaiannya yaitu soal open ended. Dengan menggunakan soal open ended dapat mengukur kemampuan siswa dalam pemecahan masalah karena soal open ended memiliki jawaban yang lebih dari satu. Tahap pemecahan masalah yang digunakan ialah menurut Polya yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan, menyelesaikan masalah sesuai rencana dan memeriksa kembali hasil yang diperoleh. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah soal open ended dikelas XI IPS 4 SMA Hang Tuah 1 Surabaya. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu 6 siswa dengan 2 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang dan 2 siswa berkemampuan rendah. Metode pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah dengan soal open ended dan wawancara. Kemudian teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah untuk siswa yang berkemampuan tinggi memenuhi 4 tahap pemecahan masalah. Untuk siswa berkemampuan sedang hanya memenuhi 2 tahap pemecahan masalah yaitu memahami masalah dan merencanakan pemecahan dan untuk siswa berkemampuan rendah hanya memenuhi 1 tahap pemecahan masalah yaitu memahami masalah.
Kata Kunci: Open Ended, Pemecahan Masalah, Polya, Matriks.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Endah Yuni PERPUS |
Date Deposited: | 06 Apr 2023 04:49 |
Last Modified: | 06 Apr 2023 04:49 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3946 |