Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasar Tahapan Kastolan Ditinjau Dari Perbedaan Gender

Azmiah, Amelia (2022) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasar Tahapan Kastolan Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (363kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (316kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (400kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasar tahapan Kastolan ditinjau dari perbedaan gender. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Penelitian ini dilakukan pada siswa Kelas VIII-F UPT SMP Negeri 10 Gresik berjumlah 32 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan gender berpengaruh terhadap menyelesaikan matematika. Subjek penelitian perempuan melakukan lebih banyak kesalahan daripada subjek laki-laki. Subjek perempuan cenderung melakukan kesalahan teknik yaitu salah dalam proses menghitung, sedangkan subjek laki-laki melakukan kesalahan prosedural yaitu melewatkan langkah dalam menyelesaikan perhitungan. Faktor penyebab kesalahan subjek penelitian yaitu ada dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari siswa itu sendiri yaitu (1) kurangnya ketelitian dalam mengerjakan soal (2) kebiasaan siswa yang tidak menuliskan keterangan diketahui dan ditanya serta dalam hal menuliskan kesimpulan (3) kebingungan karena kurangnya pemahaman terhadap konsep penempatan konstanta. Sedangkan faktor eksternalnya adalah terburu-buru karena kurangnya waktu yang diberikan kepada siswa.
Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Masalah Matematika, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Tahapan Kastolan, Gender

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 13 Apr 2023 02:33
Last Modified: 13 Apr 2023 02:33
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3953

Actions (login required)

View Item
View Item