Penerapan Metode Jarimatika Pada Perkalian Dan Pembagian Siswa SD Kelas II

Inaya, Zazila Rohmatul (2022) Penerapan Metode Jarimatika Pada Perkalian Dan Pembagian Siswa SD Kelas II. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (448kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (91kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (200kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (101kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas, respon dan hasil belajar peserta didik selama penerapan metode jarimatika pada materi perkalian dan pembagian. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, tes sebanyak 2 tahap dan wawancara. Penelitian ini melibatkan siswa kelas III UPT SD 354 Gresik yang berjumlah 9 siswa. Subjek diberikan tes tahap 1 sebelum diberikannya metode jarimatik, kemudian akan diberikan materi perkalian dan pembagian menggunakan metode jarimatika selama 4 minggu dan selanjutnya akan diberi tes tahap 2. Wawancara yang digunakan dalam penelitian ini wawancara tidak tersturuktur. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data menurut Miles and Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh metode jarimatika sebelum dan sesudah diajarkan secara berulangulang dengan menggunakan metode jarimatika, setelah diberikannya metode jarimatika peserta didik menjadi lebih aktif dalam bertanya dan memberika respon lebih cepat saat ditanya. Peserta didik mampu menghitung dengan lebih cepat dan tepat sesudah diberikannya metode jarimatika, meningkatkan hasil belajar dari nilai rata-rata awal 29,78 menjadi 94,89. Dapat disimpulkan bahwa metode jarimatika dapat meningkatkan aktivitas, respon dan hasil belajar siswa dalam mengerjakan soal perkalian dan pembagian dengan mudah.
Kata Kunci : Penerapan, Metode Jarimatika, perkalian dan pembagian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 13 Apr 2023 02:44
Last Modified: 23 May 2023 03:34
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3954

Actions (login required)

View Item
View Item