Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Siswa Smp Pada Materi Pola Bilangan

Alfani, Wanda Hamidah Mei (2022) Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Siswa Smp Pada Materi Pola Bilangan. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (527kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (202kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (179kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (420kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (810kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Pola Bilangan, Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Pemecahan Masalah. Salah satu materi pembelajaran matematika yang menuntut kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah yaitu materi pola bilangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemevahan masalah siswa SMP pada materi pola bilangan. Penelitian ini menggunakan indikator analisis Polya yang terdiri dari 4 langkah yaitu memahami masalah, membuat rencana pemecahan, melaksanakan rencana pemecahan, dan memeriksa kembali. Peneliian ini menggunakan 5 subjek dengan kategori kemampuan sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Dari 34 siswa kelas 8D SMP Bahrul Ulum Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Dari penelitian ini yang telah dilakukan, dapat disimpulkan subjek memiliki pemahaman konsep dan pemecahan masalah yang sedang. Dengan kesalahan yang dilakukan subjek adalah (1) pada langkah memahami masalah, subjek tidak menuliskan informasi diketahui dan ditanya, (2) pada langkah membuat rencana pemecahan, menggunakan strategi penyelesaian kurang sesuai. (3) pada langkah melaksanakan rencana, terdapat jawaban yang kurang lengkap, (4) pada tahap memeriksa kembali, subjek tidak menuliskan kesimpulan serta terdapat kesimpulan yang tidak sesuai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 13 Apr 2023 04:56
Last Modified: 25 May 2023 03:11
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3961

Actions (login required)

View Item
View Item