Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variable Berdasarkan Kreteria Watson

Ramadhani, Anisa Ilmi (2022) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variable Berdasarkan Kreteria Watson. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (999kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (743kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (10MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Masih banyak ditemukan siswa yan melakukan kesalahan ataupun kesulitan dalam mengerjakan persoalan matematika terutama pada soal cerita. Salah satu materi yang banyak memuat tentang soal cerita dan banyak ditemukan siswa melakukan kesalahan pada materi tersebut adalah materi sistem persamaan linier dua variable (SPLDV), SPLDV juga merupakan salah satu materi yang memiliki tingkat penyelesaian yang cukup tinggi, ini dikarenakan SPLDV memiliki beberapa cara dan tahapan dalam proses penyelesaiannya. Oleh karena itu dibutuhkannya banyak penelitian untuk mengetahui kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita matematika pada materi SPLDV. Kreteria yang digunakan untuk menganalisis kesalahan siswa adalah 8 kreteria kesalahan milik watson. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan dan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi sistem persamaan linier dua variable berdasarkan kereteria watson di kelas VIII SMP PGRI 1 Buduran. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 3 siswa yang diambil berdasarkan nilai terendah pada tes. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan didapatkan bahwa siswa melakukan 6 kesalahan dari 8 kreteria kesalahan milik watson. Kreteria kesalahan tersebut diantaranya data tidak tepat, prosedut tidak tepat, data hilang, kesimpulan hilang, manipulasi tidak langsung dan masalah hirarki keterampilan. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan diantaranya yaitu kurangnya ketelitian, kehabisan waktu, belum memahami materi dan salah dalam melakukan perhitungan.
Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Soal Cerita, SPLDV, Kreteria Watson

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 13 Apr 2023 05:03
Last Modified: 13 Apr 2023 06:45
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3962

Actions (login required)

View Item
View Item