Azzahroh, Lailatusy Syakbaniyah (2022) Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (424kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (364kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (450kB)
9. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Hasil penelitian PISA yang dirilis OECD pada tahun 2018, siswa di Indonesia masuk dalam kategori rendah yang ditunjukkan dengan peringkat Indonesia dalam bidang matematika yaitu 66 dari 73 negara, skor rata-rata 379 dari 487 skor internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mendekskripsikan kemampuan literasi matematis siswa perempuan dan laki-laki yang berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah dengan kriteria soal mudah, sedang, dan sulit. Penelitian ini merupakan penelitian dekskriptif kualitatif, subjek yang digunakan yaitu 6 siswa dengan rincian 3 siswa perempuan dan 3 siswa laki-laki di SD Negeri Taman Probolinggo. Pengumpulan data dilakukan dengan dua tahapan tes yaitu Tes Kemampuan Matematika (TKM) dan Tes Kemampuan Literasi Matematika (TKLM) dan wawancara yang dianalisis menggunakan triangulasi teknik dan waktu. Penelitian ini juga menggunakan uji validitas, reliabilitas, dan kesukaran soal pada instrumen sebelum digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa perempuan lebih baik dari pada siswa laki-laki yang ditunjukkan dengan siswa perempuan dapat memnuhi 3 indikator literasi matematis sedangkan laki-laki hanya memenuhi 1 indikator literasi matematis.
Kata Kunci: Literasi Matematis, TKM, TKLM
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Endah Yuni PERPUS |
Date Deposited: | 13 Apr 2023 06:52 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 06:52 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3963 |