Pengaruh Bermain Kartu Angka Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan 1-10 Pada Anak Kelompok A TK Menanggal Surabaya

Jehadan, Kunegonda (2019) Pengaruh Bermain Kartu Angka Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan 1-10 Pada Anak Kelompok A TK Menanggal Surabaya. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (781kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (159kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (174kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Bermain Kartu Angka,Kemampuan Berhitung
Permulaan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan
berhitung permulaan 1-10 pada anak kelompok A TK Nanggala
Menanggal Surabaya, dikarenakan anak bosan setiap hari hanya
memberikan pembelajaran berupa materi dan guru jarang
menggunakan dengan berbagai macam media, salah satunya yaitu
dengan menggunakan media kartu angka.
Rumusan masalah penelitian ini adalah “Adakah Pengaruh
Bermain Kartu Angka Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan
1-10 Pada Anak Kelompok A TK Nanggala Surabaya”. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain kartu angka terhadap
kemampuan berhitung permulaan 1-10 pada anak kelompok A TK
Nanggala Surabaya.
Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode
kuantitatif, sehingga peneliti menggunakan desain penelitian
eksperimen jenis pre-experimental design yakni one group pre-test
post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelompok A TK Nanggala Surabaya dengan jumlah sampel 25 siswa.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan
dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan adalah uji t.
Hasil analisi data yaitu t hitung = 33,949 dengan db = 24 dan
taraf signifikan = 5% didapatkan t tabel 2, 064, jika t hitung > t
tabel artinya Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan
bahwa ada pengaruh yang signifikan bermain kartu angka terhadap
kemampuan berhitung permulaan 1-10 pada anak kelompok A TK
Nanggala Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 27 Apr 2023 07:26
Last Modified: 29 May 2023 09:08
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3966

Actions (login required)

View Item
View Item