Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Prestasi Belajar Melukis Pada Media Seni Kriya Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Surabaya

Yuniar, Gusnia Tri (2020) Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Prestasi Belajar Melukis Pada Media Seni Kriya Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Surabaya. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (278kB)
[thumbnail of 2. ABSTRACT.pdf] Text
2. ABSTRACT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (11kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (289kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Pendidikan adalah usaha yang dimiliki seseorang untuk berubah menjadi lebih baik dari pada sebelumnya dan membuat diri kita menjadi lebih tanggung jawab terhadap apa yang telah dilakukan. Kenyataannya, pembelajaran secara klasikal dengan setting kelas yang masih berpusat pada guru (teacher centered) masih dominan dilaksanakan di lembaga-lembaga pendidikan di Indonesia. Akibatnya sistem komunikasi yang terjadi cenderung satu arah yaitu guru yang aktif dalam segala hal dan sebaliknya siswa hanya pasif. Hal tersebut merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan rendahnya prestasi belajar siswa pada bidang studi seni rupa. Salah satu pembelajaran yang sesuai adalah pembelajaran dengan metode demonstrasi, di mana metode demonstrasi merupakan suatu model pembelajaran yang menghendaki siswa untuk meningkatkan prestasi belajar menggambar ekspresif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar menggambar ekspresif siswa bagi kelas Kelas VIII SMP Negeri 12 Surabaya, serta memperbaiki sistem kegiatan belajar mengajar yang mayoritas masih bertumpu pada guru (teacher centered).
Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Prestasi Belajar, Melukis, Media Seni Kriya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 02 May 2023 04:17
Last Modified: 02 May 2023 04:17
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3973

Actions (login required)

View Item
View Item