Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Membatik Ikat Pada Siswa Kelas 8 Di SMPN 2 Sukodono

Kusuma, Deny Angga (2020) Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Membatik Ikat Pada Siswa Kelas 8 Di SMPN 2 Sukodono. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (158kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (91kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (304kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Metode demonstrasi adalah metode mengajar yang menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pegertian atau untuk memperlihatkan pada seluruh kelas tentang suatu proses atau petunjuk untuk melakukan sesuatu. Demonstrasi merupakan metode yang sangat efektif sebab membantu peserta didik untuk mencari jawaban dengan usaha sendiri berdasarkan fakta yang benar. Metode ini dapat diterapkan dalam pembelajaran ilmu alam, tehnik dan seni budaya. Dengan mengunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar batik ikat yang dilakukan di SMPN 2 Sukodono. Dalam penelitian ini penulis mengumpulkan data dengan menyeleksi subjek penelitian, instrument atau pengumpulan data yang digunakan adalah angka bergerak menurut Suharsimi Arikunto. Penelitian ini membutuhkan waktu 4 minggu dengan 4 kali pertemuan untuk mengetahui pengaruh pada siswa. Pada tehnik analisis data menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji T atau t-test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar membatik ikat siswa kelas 8 SMPN 2 Sukodono berdasarkan nilai peserta didik secara keseluruhan.
Kata Kunci : Meningkatkan Prestasi Belajar, metode demonstrasi, batik ikat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 02 May 2023 06:52
Last Modified: 02 May 2023 06:52
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3976

Actions (login required)

View Item
View Item