Fauzanin, Amalia (2019) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI ROLE PLAYING DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP PENURUNAN PERILAKU BULLYING SISWA KELAS XI SMA HANG TUAH 4 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (840kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (186kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (285kB)
8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Fauzanin, Amalia. 2019. Pengaruh Penggunaan Strategi Role Playing
dalam Konseling Kelompok Terhadap Penurunan Perilaku
Bullying Siswa Kelas XI SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Boy
Soedarmadji, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: Teknik Role Playing, Konseling Kelompok, perilaku
Bullying.
Penelitian ini memiki tujuan untuk menurunkan perilaku
bullying pada siswa dan tujuan penelitian ini adalah “ pengaruh
penggunaan teknik role playing dalam Konseling Kelompok
terhadap penurunan perilaku bullying siswa kelas XI SMA Hang
Tuah 4 Surabaya”.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS.
Sampel dilakukan dengan purposive sampling untuk mengambil satu
kelas yaitu XI IPS 1 berjumlah 34 siswa. Dalam penelitian ini
menggunakan rancangan one group pre test post test. Variabel bebas
dalam penelitian ini adalah teknik role playing dalam konseling
kelompok. Instrumen yang digunakan juga telah diuji cobakan
menggunakan spss for windows versi 16.0 dengan tingkat ke valid an
sebesar 0.254 dapat dinyatakan valid. Dari populasi 34 siswa telah
didapat menjadi 4 orang siswa.
Dalam uji hipotesis terdapat pengaruh yang signifikan antara
teknik role playing dalam konseling kelompok terhadap penurunan
perilaku bullying siswa. yang telah diujikan melalui uji wilcoxon.
Dari hasil uji wilcoxon dapat diketahui bahwa Z (-2.023) dengan
Asymp. Sig (2-tailed) bernilai 0,043 dimana 0,043 ≤ 0,05 (taraf
signifikan), maka dapat disimpulkan bahwa Hi diterima dan Ho di
tolak yang artinya adanya perbedaan antara pre-test dan post-test
strategi role playing dalam konseling kelompok, sehingga terdapat
pengaruh yang signifikan “penggunaan strategi role playing dalam
konseling kelompok terhadap perilaku bullying siswa kelas XI SMA
Hang Tuah 4 Surabaya”.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HM Sociology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) |
Depositing User: | Kadek Ayu PERPUS |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 03:05 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 01:26 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/399 |