EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL SISWA

ROSALITA, CHYNSA BELLA (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL SISWA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (919kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (38kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (133kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (137kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Problem Based Learning, Kemampuan Pemahaman
Konsep, Kecerdasan Emosional
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif tidakkah
penggunakan model Problem Based Learning terhadap kemampuan
pemahaman konsep matematika ditinjau dari kecerdasan emosional
siswa pada materi bentuk aljabar kelas VII SMP Muhammadiyah 13
Surabaya. Populasi dan Sampel yang digunakan adalah kelas VII-A SMP Muhammadiyah 13 Surabaya dengan penerapan model PBL Metode
penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dengan desain Pre-Experimental Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, kuesioner dan tes hasil belajar siswa. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Hasil data kemampuan peneliti dalam pembelajaran menggunakan model PBL didapatkan rata-rata keseluruhan pertemuan yaitu 3,34 sehingga dikategorikan baik. (2) Hasil aktivitas siswa terhadap keterlaksanaannya pembelajaran menggunakan model PBL diperoleh rata-rata keseluruhan pertemuan yaitu 80,35% sehingga dikategorikan
tinggi. (3) Berdasarkan hasil ketuntasan klasikal kelas VIIA
didapatkan 86,7% dapat dikatakan tes hasil belajar siswa terhadap pemahaman konsep matematika ditinjau dari kecerdasan emosional dinyatakan tuntas. (4) Berdasarkan hasil respon siswa kelas VIIA adalah 91,11% dapat dikatakan respon siswa positif ketika diajar oleh peneliti menggunakan model PBL. Maka dapat disimpulkan bahwa vii model PBL efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika ditinjau dari kecerdasan emosional siswa kelas VIIA di SMP Muhammadiyah 13 Surabaya tahun ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:10
Last Modified: 10 Jul 2023 08:10
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/4279

Actions (login required)

View Item
View Item