ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DI SMA AL ISLAM KRIAN

PUTRI PERMATASARI, BERLIANA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DI SMA AL ISLAM KRIAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (712kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (91kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (191kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (291kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : pemahaman konsep matematis, gaya belajar
Karakter setiap siswa dapat menimbulkan gaya belajar dan cara berpikir yang berbeda. Siswa yang dapat memahami materi dengan baik, akan mampu memahami materi yang diajarkan. Khususnya materi matematika yang membutuhkan penalaran tinggi dan kemampuan pemahaman konsep untuk dapat menguasai materi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas XI MIPA SMA Al Islam Krian tahun ajaran 2022/2023 pada materi persamaan lingkaran ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan wawancara, dengan instrumen penelitian berupa angket gaya belajar, soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dari gaya belajar visual siswa berkemampuan tinggi mampu memahami konsep matematis, sebaliknya siswa berkemampuan rendah belum mampu dalam memahami konsep matematis. Sedangkan dari gaya belajar auditorial siswa berkemampuan tinggi dan berkemampuan rendah kurang mampu dalam memahami konsep matematis. Jika dari gaya belajar kinestetik siswa berkemampuan tinggi kurang mampu dalam memahami konsep matematis, sedangkan siswa berkemampuan rendah belum mampu dalam memahami konsep matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan (FGr) > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Mrs. Berliana Putri Permatasari
Date Deposited: 16 Aug 2023 02:42
Last Modified: 25 Jul 2024 04:29
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/4503

Actions (login required)

View Item
View Item