PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MATA PELAJARAN PEMBUATAN BUSANA COSTUME-MADE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BUSTIER PADA SISWA KELAS XII TATA BUSANA SMK NEGERI 1 SOOKO MOJOKERTO

FIRMANSYAH, CHIQUITITA HAFINDA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MATA PELAJARAN PEMBUATAN BUSANA COSTUME-MADE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BUSTIER PADA SISWA KELAS XII TATA BUSANA SMK NEGERI 1 SOOKO MOJOKERTO. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN (JUDUL).pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN (JUDUL).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (15kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (140kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (130kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respons. Seseorang
dianggap telah belajar jika dia dapat menunjukkan perubahan prilakunya. Tujuan penelitin ini
adalah untuk meningkatkan skill dan hasil belajar Pembuatan Busana Costume made siswa
kelas XII Tata Busana SMK Negeri 1 Sooko, Mojokerto. Melalui penerapan model
pembelajaran Project based learning.
Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas XII Tata Busana SMK Negeri 1 Sooko, Mojokerto yang berjumlah 29 orang.
Sumber data berasal dari guru, siswa, dan proses pembelajaran Untuk menguji validitas data
digunakan teknik analisa,Uji normalitas, Uji homogenitas, Uji T dibantu dengan penggunaan
Software SPSS 25.0 for windows. Dengan Hipotesis Alternatif (Ha) Adanya pengaruh model
pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar bustier Hipotesis Nol (Ho) Tidak
adanya pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar bustier
Hasil penelitian menunjukkan: Peningkatan dilihat berdasarkan perbandingan
ketuntasan, dan hasil uji T, dimana t hitung > t tabel yaitu 80,716 > 1,701 dengan signifikansi
0,000, sehingga disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kedua kelompok tersebut.
Terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas XII Tata busana SMK Negeri 1 Sooko. Model
pembelajaran PBL (Project based learning) lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar
siswa dibandingkan dengan model pembelajaran langsung.
Kata Kunci: Project based learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Chiquitita Hafinda Firmansyah
Date Deposited: 23 Aug 2023 03:56
Last Modified: 02 Jul 2024 03:46
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/4589

Actions (login required)

View Item
View Item