PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SMAN 1 KRIAN SIDOARJO

UMI ROSYIDA, FIRSTIA (2023) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SMAN 1 KRIAN SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN (6).pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN (6).pdf

Download (942kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (187kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version

Download (398kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (239kB)
[thumbnail of 9. Lampiran.pdf] Text
9. Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh suatu pandangan bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit sehingga berpengaruh pada hasil belajar matematika siswa. Kecerdasan emosional juga termasuk salah satu hal yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu dilakukan pempelajaran yang dapat menumbuhkan semangat belajar yaitu dengan Pendekatan Matematika Realistik.
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan ada tidaknya pengaruh penerapan Pendekatan Matematika Realistik terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kecerdasan emosional siswa di SMAN 1 Krian Sidoarjo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode Experimental Design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan tes dan angket. dimana angket digunakan dalam angket kecerdasan emosional dan tes berfungsi sebagai pengambilan data hasil belajar siswa.
Setelah dilakukan penelitian, didapatkan hasil dalam pengujian hipotesis, didapatkan yang paling berpengaruh adalah yang ditinjau dari kecerdasan emosional tinggi dimana didapatkan nilai F hitung 17,758 dengan F sig 0,002. Kemudian yang berpengaruh kedua yaitu yang ditinjau dari kecerdasan emosional sedang dimana didapatkan F hitung 52,549 dengan F sig 0,000. Dan yang tidak berpengaruh adalah ditinjau dari kecerdasan emosional rendah dimana didapatkan nilai F hitung 0,917 dengan F sig 0,449.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan (FGr) > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Firstia Umi Rosyida
Date Deposited: 24 Jul 2024 08:20
Last Modified: 24 Jul 2024 08:20
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/4639

Actions (login required)

View Item
View Item