PENERAPAN MEDIA VIDEO TUTORIAL PADA MATA PELAJARAN PERWATAN TANGAN, KAKI DAN NAIL ART TERHADAP HASIL BELAJAR PSIKOMOTOR DI SMK NEGERI 1 SOOKO

PRATIWI, TUTUT JATI (2023) PENERAPAN MEDIA VIDEO TUTORIAL PADA MATA PELAJARAN PERWATAN TANGAN, KAKI DAN NAIL ART TERHADAP HASIL BELAJAR PSIKOMOTOR DI SMK NEGERI 1 SOOKO. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of BAB I TIWI.pdf] Text
BAB I TIWI.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (101kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (211kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (981kB)
[thumbnail of halaman depan tiwi baru.pdf] Text
halaman depan tiwi baru.pdf

Download (761kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan metode video yang digunakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas TKKR SMK Negeri 1 Sooko, (2) perbedaan hasil belajar siswa pada materi perawatan tangan, kaki, dan nailart dengan menggunakan media video, dan (3) informasi evaluasi hasil belajar siswa pada mata pelajaran perawatantangan, kaki, dan nailart dengan media pembelajaran video pada siswa TKKR di SMK Negeri 1 Sooko
Penelitian ini jenisnya deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 12 jurusan TKKR (tata kecantikan kulit dan rambut) di SMK Negeri 1 Sooko sebanyak 32 orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling. teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan uji paired samples test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi video tutorial perawatan tangan, kaki, dannailart yang telah divalidasi oleh ahli media validator secara keseluruhan mendapatkan presentase sebesar 94% dan tergolong kategori sangat baik serta layak untuk menjadi media pembelajaran pada penelitian., (2) Penerapan media video tutrial perawatan tangan, kaki, dannailart secara keseluruhan mendapat nilai rata-rata sebesar 3,53 dan terindikasi kategori sangat baik, dan (3) Hasil penilaian keterampilan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 85,08 dan presentase ketuntasan nilai keterampilan sebesar 100% hal ini menunjukkan bahwa siswa dapat menyerap pembelajaran yang telah diberikan dan mampu mengaplikasikan apa yang telah mereka pelajari melalu video tutorial. Respon siswa dengan presentase rata-rata keseluruhan sebesar 94,28% terhadap mata pelajaran TKKR dengan menggunakan video tutorial sebagai media dan termasuk kedalam kategori sangat baik.
Kata Kunci: Media Video, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Mrs Tiwi Tutut jati pratiwi
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:26
Last Modified: 02 Jul 2024 07:26
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/4835

Actions (login required)

View Item
View Item