JIHAN ARIF ATHALLAH, SANINAH (2023) HUBUNGAN DIMENSI KEMANDIRIAN DAN BERNALAR KRITIS SISWA PADA PROFIL PELAJAR PANCASILA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
HALAMAN DEPAN SKRIPSI.pdf
Download (1MB)
BAB I SKRIPSI.pdf
Download (27kB)
ABSTRAK SKRIPSI BHS.INDO DAN INGGRIS.pdf
Download (11kB)
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf
Download (257kB)
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar dan bernalar kritis siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X - 4 di SMA Negeri 1 Sidoarjo dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang siswa.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan soal tes. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket kemandirian belajar dan soal tes bernalar kritis. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah uji normalitas, uji regresi, dan uji korelasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara (1) dimensi kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika hasil tersebut dilihat bahwa nilai Sig. sebesar 0,043 lebih kecil dari 0,05 (2) dimensi bernalar kritis siswa terhadap hasil belajar matematika hasil tersebut dilihat bahwa nilai Sig. sebesar 0,011 lebih kecil dari 0,05 (3) dimensi kemandirian belajar dan dimensi bernalar kritis siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika hal ini ditunjukkan dengan diperolehnya nilai probabilitas (Sig. F change) sebesar 0,063.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan (FGr) > Pendidikan Matematika S1 |
Depositing User: | Ms. Saninah Jihan Arif Athallah |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 04:51 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 04:51 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/4923 |