KHOIRIYAH, ETIK (2023) HUBUNGAN TIPE KERPIBADIAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 SEDATI. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
HALAMAN DEPAN.pdf
Download (777kB)
ABSTRAK.pdf
Download (9kB)
BAB I.pdf
Download (99kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (96kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
Abstract
Motivasi belajar dapat mendorong siswa untuk memiliki semangat yang tinggi untuk mencapai prestasi belajar yang baik meskipun setiap siswa memiliki kepribadian yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tipe kepribadian dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sedati.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji korelasi dan uji regresi.
Adapun hasilnya, 1) tidak terdapat hubungan antara tipe kepribadian dan prestasi belajar matematika dengan nilai korelasi -0,102. 2) Terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara motivasi belajar dan prestasi belajar matematika dengan nilai korelasi 0,635 (40,3%). 3) Tipe kepribadian dan motivasi belajar secara simultan memiliki hubungan terhadap prestasi belajar dengan nilai korelasi 0,644 (41,5%). Diharapkan penelitian ini menjadi referensi untuk dapat meningkatkan prestasi belajar matematika
Learning motivation can encourage students to have a high enthusiasm for achieving good learning achievements even though each student has a different personality. This study aims to determine the relationship between personality type and learning motivation to mathematics learning achievement of grade VIII students of Negeri 1 Sedati Junior High School.
The research method used is quantitative research. Data were obtained using questionnaires and documentation. The techniques used to test hypotheses are correlation tests and regression tests.
As for the results, 1) there is no relationship between personality type and mathematics learning achievement with a correlation value of -0.102. 2) There was a strong and significant relationship between learning motivation and mathematics learning achievement with a correlation value of 0.635 (40.3%). 3) Personality type and learning motivation simultaneously had an association with learning achievement with a correlation value of 0.644 (41.5%). It is hoped that this research will be a reference to be able to improve mathematics learning achievement.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan (FGr) > Pendidikan Matematika S1 |
Depositing User: | Ms Etik Khoiriyah |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 04:54 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 04:54 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/4946 |